Air Liur Lebah Yang Dipakai Untuk Mensterilkan Sarang Mereka
Ternyata Ampuh Untuk Mengobati Jerawat Anda Secara Alami
obat jerawat alami dengan air liur lebah

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Ramuan Tradisional

Jika anda bertanya : bagaimana cara mengatasi jerawat tapi tanpa pakai obat - obatan, maka inilah jawaban saya : sesungguhnya alam sudah menyediakan aneka tanaman yang mampu mengatasi masalah jerawat. Tanaman tersebut antara lain adalah : belimbing wuluh, jeruk nipis, mengkudu, mentimun, dan kunyit. Obat jerawat alami yang pastinya ini merupakan resep dari nenek moyang kita dahulu. Bahan-bahannya pun juga bisa didapatkan dengan cara yang tidak sulit :

1. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh yang ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan wajah berjerawat. Menurut beberapa ahli kulit, belimbing wuluh bersifat sejuk, dan berkhasiat sebagai antiradang dan astrigen (memperkecil pori-pori kulit wajah).

2. Jeruk Nipis
Buah jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat. Jeruk nipis yang dioleskan pada wajah malam hari sebelum tidur dan baru dibersihkan pada pagi harinya, dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

3. Mengkudu
Buah mengkudu yang dihaluskan juga dapat dimanfaatkan sebagai masker pemulus wajah. Masker mengkudu tidak hanya mengatasi jerawat saja tapi juga panu, kulit yang keriput dan kering pun bisa dilingakan dengan masker mengkudu ini dan otot muka pun juga bisa menjadi lebih relaks.


4. Mentimun

Tanaman mentimun tergolong tanaman merambat atau menjalar. Batangnya berbulu halus, dan panjangnya mencapai 3 meter. Buah mentimun, di samping memang banyak mengandung air, juga mengandung vitamin A, B1 dan C serta beberapa zat, seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan belerang.

Berkaitan dengan jerawat, pilih mentimun yang masih muda. Cuci bersih, lalu potong-potong. Perlahan, gosokkan pada wajah yang berjerawat. Biasakan minimal 3 kali sehari.


5. Kunyit
Kunyit merupakan rempah-rempah yang termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Kunyit telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai ramuan obat alami. Di India, kunyit menjadi unsur penting dalam pengobatan tradisional yang disebut Ayurveda. Wanita India banyak menggunakan kunyit untuk mengobati jerawat. Kunyit bisa dijadikan alternatif sebagai herbal yang dapat mengobati jerawat secara alami. Curcumin yang terkandung dalam kunyit merupakan agen anti inflamasi yang fantastis.

Dengan kemampuan anti inflamasi ini, kunyit amat cocok digunakan untuk melawan jerawat. Agar lebih efektif, jerawat harus diobati baik dari dalam maupun luar. Banyak orang menggunakan dua zat yang berbeda, untuk kedua keperluan ini. Di sinilah kelebihan kunyit. Kunyit dapat digunakan untuk keduanya, baik pengobatan jerawat dari luar maupun dalam tubuh. Campur sejumput bubuk kunyit dengan segelas susu dan minum setiap hari. Ramuan ini ampuh untuk melawan jerawat dari dalam. Untuk pengobatan luar, oleskan pasta atau parutan kunyit keatas jerawat. Cara lain mengatasi jerawat dengan efektif adalah dengan menggunakan air liur lebah (Propolis) karena zat - zat yang dikandung oleh ramuan diatas yang berfungsi untuk anti inflamasi , anti bakteri, detoksifikasi dll sudah ada secara alamiah dalam kandungan air liur lebah tersebut.